Sunday, July 22, 2012

Happiness

Siapapun yang memeluk seorang wanita adalah Adam. Wanitanya adalah Hawa.
Segala sesuatu terjadi untuk pertama kalinya.
Aku melihat sebuah benda putih di langit. Mereka memberitahuku itu bulan,
tetapi,
Apa yang bisa kukatan dengan kata dan mitologi.
Pohon-pohon sedikit membuatku takut. Mereka begitu indah.
Binatang-binatang yang jinak mendekat sehingga aku bisa saja memberitahu mereka namanya.
Buku-buku dalam perpustakaan tak berhuruf. Mereka kegirangan ketika aku membukanya.
Membalik-balik atlas aku memproyeksikan Sumatra.
Siapapun yang menyealakan korek di dalam galap menemukan api.
Di dalam cermin seseorang menunggu untuk menyergap.
Siapapun yang memandang lautan  melihat Inggris.
Siapapun yang mengucapkan sebuah kalimat Liliencron telah memasuki medan perang.
Aku telah memimpikan Chartage dan legiun yang menghancurkan Carthage.
Aku telah memimpikan pedang dan timbangan.
Terpujilah cinta, yang di dalamnya tak ada yang memiliki atau dimiliki, tetapi keduanya bertekuk lutut.
Terpujilah mimpi buruk, yang memberi tahu kita bagaimana kita memiliki kekuatan untuk menciptakan neraka.
Siapapun yang pergi ke sungai pergi ke Gangga.
Siapapun yang memandang sebuah jam pasir melihat pecahnya sebuah kekaisaran.
Siapapun yang bermain dengan belati meramalkan kematian Caesar.
Siapapun yang bermimpi adalah setiap orang yang ada.
Di gurun aku melihat Sphinx muda, yang baru saja dipahat.
Di bawah matahari tak ada yang lebih kuno dari itu.
Segala sesuatu terjadi pertama kali, tetapi dengan cara yang membuatnya abadi.
Siapapun yang membaca kata-kataku telah menulisnya.




Jorge Luis Borges, Happiness
terjemahan nhdkentun

No comments:

Post a Comment